"" Makanan yang Dapat Mencerdaskan Otak | Always New /> }

Makanan yang Dapat Mencerdaskan Otak

Posted by Unknown Tuesday, April 2, 2013 1 comments
Makanan yang Dapat Mencerdaskan Otak



Makanan Sehat - http://elecpro-sale.blogspot.com
Halo sahabat EPS – Apakah Anda percaya ada makanan yang sanggup meningkatkan kinerja otak? Para ilmuwan dan ahli nutrisi meyakini hal itu lho. Mereka yakin bahwa makanan yang kita konsumsi secara langsung berdampak pada kinerja otak, meningkatkan intelligence quotient (IQ),  fokus pada konsentrasi, mempertajam memori dan membuat ‘pikiran’ tetap muda.Makanan tentu saja berdampak juga pada pertumbuhan dan perkembangan anak. Dr Ang Poon Liat, konsultan dokter anak senior di Paediatric Centre in Thomson Medical Centre, mengatakan bahwa seseorang terdiri dari 20% gen dan 80% makanan.
“Makan yang digerakkan untuk tujuan tertentu sangat penting. Anda harus makan untuk pertumbuhan dan perkembangan otak, mencegah kanker dan menstabilkan hormon,” kata Dr Ang seperti dilansir The Straits Times.

Selain ASI, yang terbukti meningkatkan IQ anak dan bayi, makanan yangdiberikan kepada anak-anak juga bisa menentukan potensi akademisnya.

Dr Ang mengidentifikasi 8 jenis makanan yang bisa ‘mencerdaskan’ otak yang sebaiknya diberikan kepada anak-anak. Namun tidak hanya anak, orang dewasa pun dapat memetik  manfaat dari makanan tersebut.

1. Ikan
Ikan salmon, sardin dan kod kaya dengan asam lemak omega 3 yang penting untuk fungsi dan pertumbuhan otak. Tapi tidak hanya salmon, semua ikan baik dikonsumsi. Anda bahkan bisa menggunakan minyak tubuh ikan kod yang kaya vitamin A untuk suplemen makanan. Otak kita terdiri dari 60% lemak, jadi ikan adalah sumber yang baik untuk itu, kata Dr Ang.

2. Telur
Selain sebagai sumber protein, kuning telur juga mengandung kolin, nutrien pada keluarga vitamin B yang membantu perkembangan otak. Cara terbaik mengonsumsi telur adalah direbus setengah matang. Telur digoreng atau merebusnya sampai matang akan merusak protein, bisa menyebabkan alergi.

3. Kacang
Kacang-kacangan kaya vitamin E dan juga antioksidan yang melindungi membran sel-sel otak terhadap radikal bebas. Kacang macadamia dan almond sangat direkomendasikan. Kacang tanah kurang ideal karena umumnya menghasilkan reaksi alergi.

4. Sayuran berwarna
Makanan ini kaya antioksidan yang mempertahankan kekuatan dan kesehatan membran sel. Pilihlah sayuran berwarna yang segar sehingga memberikan antioksidan yang cukup. Makin cerah warnanya, umumnya mengandung antioksidan tinggi yang memiliki manfaat mencegah kanker.

5. Gandum utuh
Makanan ini merilis glukosa secara bertahap yang dibutuhkan otak untuk berfungsi karena serat mengatur pengeluarannya. Gandum utuh juga mengandung vitamin B. Proses pelepasan glukosa yang lambat juga mencegah terjadinya ‘glucose swings’ proses di mana anak amat berenergi dan kemudian dengan cepat menjadi lelah. Perubahan susana hati ini tidak baik bagi anak.

6. Buah beri
Buah ini kaya antioksidan, seperti vitamin C, yang mampu membantu mencegah kanker. Sejumlah studi juga menunjukkan beri dapat memperbaiki daya ingat. Buah terbaik yang bisa dipilih adalah stroberi,  bluberi, raspberi, blackberry dan bahkan ceri.  Buah-buahan itu tidak terlalu manis sehingga tidak menimbulkan masalah pada gula. Selain itu,  buah-buahan ini memiliki kadar antioksidan tertinggi.

7. Kacang hijau
Makanan ini baik dikonsumsi karena memberikan protein dan karbohidrat kompleks yang merupakan makanan yang baik untuk otak. Protein dibutuhkan untuk sintesis asam nukleat dari sel-sel otak. Kacang merah dan kacang hijau sama baiknya untuk dikonsumsi. Soya yang difermentasi adalah pilihan terbaik.


Buatlah menu yang pas untuk setiap harinya, dan sertakan 1 atau 2 makanan diatas ..
Jadilah anak cerdas, "Indonesia Bangga"

Kata kunci : Makanan yang dapat mencerdaskan Otak

1 comments:

PillusAbon said...

bikin chat box seperti itu gimana yah, ada pembahasannya ga di situs ini. Kunjungan baliknya yah ada info seputar Berkebun sayur di halaman

Post a Comment

Best 1 Seller Book

Best 1 Seller DVD

Best 1 Seller VHS

Best 1 Seller Game Download

Best 1 Seller Music

Total Pageviews

Best 2 Seller Book

Best 2 Seller DVD

Best 2 Seller VHS

Best 2 Seller Game Download

Best 2 Seller Music

Best 3 Seller Book

Best 3 Seller DVD

Best 3 Seller VHS

Best 3 Seller Game Download

Best 3 Seller Music

Best 4 Seller Book

Best 4 Seller DVD

Best 4 Seller VHS

Best 4 Seller Game Download

Best 4 Seller Music